< SELAMAT DATANG DI GRAMEDIA DIRECT SELLING

Selasa, 27 Juli 2010

The Art of Training and Development 9 VOLUME ( edisi bahasa Indonesia )


Bagaimana Menyelenggarakan Diklat yang SUKSES dan MENYENANGKAN ?
Buku ini Sangat berguna bagi Profesional, Manager Lini, Personalia,
dan Siapa saja yang berhubungan dengan Pelatihan dan Pengembangan.

VOLUME 1 : THE TRAINING MANAGER'S HANDBOOK ( Buku wajib bagi Para Manajer dalam Mengadakan Training )

Pengarang: Eddie Davis
Tebal : 311 Halaman

Pendidikan dan latihan bukanlah "pekerjaan rutin" Bagian diklat sebuah
perusahaan atau organisasi. Diklat yang diadakan, tidak sekedar untuk
memenuhi rencana yang sudah ditetapkan.

Namun, Diklat yang baik justru yang dirancang sesuai dengan kebutuhan
sebuah organisasi. Para manajer yang mengirim karyawan mengikuti
Diklat, sering mengirim mereka tanpa pertimbangan dan tujuan yang
jelas. Atau menyelenggarakan Diklat tanpa sebuah persiapan yang matang.

Sekarang tidak perlu ragu. Para Manajer yang hendak mengirim karyawan
mengikuti Diklat, atau yang hendak menyelenggarakan diklat sendiri,
dapat membaca dan merancang sendiri model diklat mana yang diinginkan.
Buku ini tidak sekedar memberikan inspirasi, tetapi juga menuntun Anda
langkah demi langkah bagaimana menyelenggarakan sebuah Diklat yang
berhasil.
VOLUME 2 : USING ACTIVITIES
( Melibatkan Pembelajar secara aktif dalam Pendidikan dan Latihan )

Pengarang: Leslie Rae
Tebal : 289 Halaman

Hasil yang tidak memuaskan dari sebuah penyelenggaraan pendidikan dan
pelatihan ialah karena factor instrukturnya. Sering instruktur
mengabaikan kemampuan peserta pelatihan, dan hanya memberikan pelajaran
secara konvensional. Instruktur berbicara terus menerus didepan kelas,
dengan asumsi bahwa para peserta pelatihan akan mendengarkan secara
intensif, bisa mengerti semuanya, dan dapat memahaminya. Banyak
pelatihan yang berlangsung demikian, jarang yang dilaksanakan dengan
cara yang lebih mendukung proses pembelajaran.

Akibatnya, pelatihan hanya menghasilkan suatu pemahaman yang sifatnya
sangat superficial (dangkal), bukan pemahaman yang dalam, yang langsung
bisa di implementasikan pada pekerjaan. Kekurang berhasilan dari sistem
pelatihan ini memang tidak bisa langsung terlibat, tetapi akan semakin
kelihatan sesuai dengan berjalannya waktu dan tersebarnya lokasi
pekerjaan. Sampai sekarangpun, masih banyak instruktur dan atasan yang
berpendapat bahwa "karyawan harus belajar, belajar tentang yang
diajarkan".

Memahami kenyataan tersebut, para peneliti dan praktisi, menyarankan
suatu proses pembelajaran yang lebih mampu memberikan trasfer terhadap
esensi pembelajaran, bukan hanya semata-mata memindahkan pengetahuan
(ilmu) saja. Modifikasi sederhana dari proses pembelajaran, sistem
kuliah ini, bisa dilakukan dengan mencari input dari para peserta.

Instuktur diandaikan mendapatkan gambaran tingkat pemahaman peserta
terhadap materi pokok pembelajaran yang akan dibawakannya. Iapun
dipersyaratkan memahami kebutuhan peserta dan dapat berinteraksi dengan
mereka sebagai pembelajar, menggali potensi mereka, sehingga pelatihan
menjadi effektif. Bagaimana caranya agar materi yang disampaikan
efektif dan tidak membosankan? Berbagai aktivitas yang melibatkan
pembelajar yang disajikan dalam buku ini dapat langsung diterapkan.
Metode ceramah dan mencekoki peserta, sering kurang effektif. Dengan
melakukan sendiri, pembelajar menemukan sendiri dan mengerti. Apa yang
harus dilakukan, desajikan secara lengkap dalam buku ini.

VOLUME 3 : USING TRAINING AIDS
( Memaksimalkan Potensi Alat Bantu dalam Pendidikan dan Latihan )

Pengarang: Leslie Rae
Tebal : 311 Halaman

Alat-alat adalah benda mati, yang hasilnya tergantung pada manusia di
balik alat itu sebagai pengguna. Bagaimana memaksimalkan alat bantu
dalam pendidikan dan latihan, buku ini mengupas tuntas langkah demi
langkah, hingga menunjukan bagaimana cara menggunakannya dan apa
effeknya.

Penulis mengawali buku ini dengan menunjukan dampak dari alat bantu,
terutama alat bantu visual, dalam presentasi. Bagaimana memaksimalkan
potensi alat bantu, dikupas tuntas penulis langkah demi langkah,
lengkap dengan contoh. Sangat bermanfaat digunakan oleh:

1. Para trainer dalam perancangan dan pengadaan kegiatan pelatihan pelatihan.

2. Para Manajer dan pelatih yang menjalani pelatihan dan pengembangan
disamping tugas utama mereka dan melakukan dukungan bahan penunjang
yang lengkap dan mudah dipahami.

3. Para presenter dan sebagainya yang berkeinginan atau perlu
meningkatkan presentasi lisan mereka, dan bagi para individu yang
mengikuti jalur instruksi sendiri.

VOLUME 4 : EFFECTIVE PLANNING
( Perencanaan Efektif )

Pengarang: Leslie Rae
Tebal : 295 Halaman

Perencanaan dalam melakukan pelatihan dan pengembangan adalah hal yang
sama pentingnya dengan bentuk-bentuk layanan, tugas atau tindakan
lainnya. Sejumlah kasus menunjukan bahwa pelatihan yang dilakukan
dengan sedikit, atau tanpa perencanaan, akan berlalu dengan sedikit
atau tanpa menghasilkan pembelajaran; menjadi program pelatihan yang
membingungkan bagi pelatih dan pesertanya; atau pelatih dan
pelatihannya kehilangan kredibilitas dimata peserta pelatihan dan para
manajernya. Hal ini dapat menyebabkan kurangnya permintaan pelatihan.
Memang merancang tidak otomatis menjamin pelatihan akan berlangsung
dengan efektif. Namun, paling tidak, perencanaan dalam suatu program
pelatihan akan membuat program pelatihan tersebut menjadi kredibel,
menyenangkan dan efektif.

Buku ini menggambarkan tahapan-tahapan yang diperlukan dalam
perencanaan dan bagaimana merancang proses untuk mempersiapkan program
pelatihan dan pengembangan. Meskipun penekanan konteks pada praktik
pelatihan langsung, tehnik-tehnik dapat diterapkan lebih luas pada
pendekatan-pendekatan seperti pembelajaran terbuka, vidio interaktif
dan program-program pelatihan berbasis komputer, serta program-program
pelatihan internet.

Sistematika buku ini sebagai berikut.

Bagian I : Perencanaan dan perancangan program program pelatihan dan pengembangan peserta pelatihan dan tujuan pelatihan;

Bagian II : Perencanaan dan perancangan on-the-job training dan pengembangan.

Bagian III : Perencanaan dan perancangan off-the-job training dan pengembangan.

Bagian IV : Perencanaan evaluasi pelatihan dan pengembangan.

VOLUME 5 : COACHING FOR CHANGE
( Peran pelatih dalam Perubahan Manusia dan Organisasi )

Pengarang: Kaye Thome
Tebal : 175 Halaman

Faktor manakah yang paling penting dalam proses pembelajaran, pelatihan
( coaching ) ataukah pembelajar? Keduanya penting! Tanpa pelatihan,
sipembelajar tidak akan tergali seluruh potensinya. Sebaliknya, tanpa
pembelajar, sipelatih tidak dapat menggali potensi pembelajar dan tidak
dapat mentrasfer ilmu.

Dalam sebuah perusahaan atau organisasi, pendidikan dan latihan yang
diselenggarakan tentu ada sasarannya. Sasaran yang selalu ditetapkan
ialah, setelah usia pendidikan dan latihan, diharapkan terjadi
perubahan yang positif. Inilah buku yang secara gamblang mengupas
bagaimana pendidikan dan latihan yang dirancang dan diselenggarakan
secara efektif akan mengubah manusia dan organisasi kearah yang positif.

VOLUME 6 : COMPETENCE - BASED ASSESMENT TECHNIQUES
( Teknik Penilaian bebasis kompetensi )

Pengarang: Shirley Fletcher
Tebal : 119 Halaman

Kompetensi manusia sebagai aset utama sebuah perusahaan dan organisasi
semakin mendapatkan tempat. Dengan SDM yang kompeten, sebuah organisasi
akan tumbuh maju dan sanggup bersaing.

Namun, untuk menghasilkan SDM yang kompeten, diperlukan usaha yang
selain sistematis, juga terus menerus, dilakukan secara berkala, dan
dievaluasi pelaksanaannya.

Teknik-teknik penilaian dan bagaimana menilai, dapat ditemukan dalam
buku ini. Ditulis pakar dan praktisi terkenal dibidangnya. Pegangan
wajib bagi organisasi dan perusahaan di Inggris dan Amerika. Karena
universal, maka konsep, teori, teknik, serta inspirasinya dapat
langsung diterapakan untuk berbagai situasi dimanapun di Indonesia.

VOLUME 7 : USING PEOPLE SKILLS
( Mengelolah Keterampilan Manusia )

Pengarang: Leslie Rae
Tebal : 346 Halaman

Hubungan yang efektif mengandung banyak arti. Biasanya, organisasi akan
menentukan apa yang dimaksud dengan hubungan yang efektif tersebut.
Namun, pada prinsipnya hubungan yang efektif berkaitan dengan
manajemen, kepemimpinan, dan bagaimana mengelolah karyawan.

Tugas Manajer bukanlah mengelolah tugas, namun mengelolah orang yang
melaksanakan tugas itu sendiri. Jika orang yang melaksanakan tugas
tidak diperlakukan secara efektif, maka tugas-tugas yang dilaksanakan
orang terebut, juga terganggu. Akibatnya, efektivitas keseluruhan
organisasi juga terganggu. Oleh karene itu, dalam lingkup pengembangan
dan pelatihan apa pun, keterampilan hubungan antar manusia penting
dalam semua bidang pekerjaan. Dalam setiap pekerjaan, orang harus
berantusias dan bermotivasi tinggi. Pelatih (Trainer), manajer pembina
(coacher) dan mentor harus bisa bekerja sama dengan karyawan untuk
mendapatkan hasil terbaik dari mereka. Bahkan teknologi komputer yang
kinerjanya sangat ditentukan oleh perangkat keras dan prosesor, masih
sangat tergantung pada orang yang menjadi operatornya.

Karena itu, bisa disimpulkan, mengelolah orang merupakan keterampilan
yang sangat vital dalam bisnis. Tanpa keterampilan ini, bisnis dan
industri modern akan segera terhenti.

VOLUME 8 : USING PRESENTATION
( Mengunakan Teknik Presentasi dalam Pendidikan dan Latihan )

Pengarang: Leslie Rae
Tebal : 284 Halaman

Presentasi semakin mendapat tempat yang istimewa: makin banyak orang
dituntut untuk mempresentasikan ide-ide mereka, informasi, dan
sebagainya pada audiens yang juga semakin meluas.

Karena itu, tuntutan agar presenter memproduksi presentasi-presentasi
yang efektif juga semakin meningkat. Banyak karyawan yang terlihat
tetapi tidak pernah terdengar, sekarang dipaksa angkat bicara. Semakin
banyak orang dalam organisasi-organisasi sektor publik dan swasta dan
lembaga-lembaga relawan diminta mempresentasikan rencana-rencana,
informasi dan sasaran-sasaran dengan cara yang jauh lebih publik
ketimbang dimasa lalu. Sayangnya, peningkatan dalam kinerja publik ini
tidak dibarengi dengan peningkatan yang proporsional dalam
presentasi-presentasi yang efektif malah sebaliknya.

Para Manajer, terutama pada saat ini, ditutut untuk menyampaikan
presentasi-presentasi yang sifatnya sangat bervariasi menyajikan
informasi pada rapat sekelompok staf atau pada dewan direksi atau para
manajer senior; mempresentasikan awal pelaksanaan atau hasil-hasil dari
suatu proyek; mengajukan usulan suatu produk, pelayanan atau metode
kerja pada aneka audiens; membujuk suatu kelompok agar berkinerja
sebagaimana diharapkan; memperkenalkan pembicara tamu pada suatu
pertemuan perusahaan; menjadi pakar pembicara tamu dalam suatu kursus
pelatihan dan pengembangan; dan sebagainya. Banyak diantara hal-hal itu
bisa menjadi kesempatan yang sangat penting, bukan hanya karena pokok
permasalahan, tetapi juga karena terkait dengan pengembangan karier
individu yang bersangkutan.

VOLUME 9 : USING EVALUATION
( Cara Terbaik Mengevaluasi Pendidikan dan Latihan )

Pengarang: Leslie Rae
Tebal : 317 Halaman

Bagaimana mengukur sebuah kegiatan yang tidak kasat mata, seperti
keberhasilan sebuah pendidikan dan latihan? Dan apa alat ukurnya?

Kalau cara mengukur dan alat ukur tidak sahih dan tidak valid, maka hasil pengukuran pun akan menjadi bias.

Inilah buku yang secara lengkap menyajikan informasi dan materi
mengenai validasi dan evaluasi dalam pendidikan dan latihan. Hasil
evaluasi dapat dijadikan sebagai umpan balik bagi pendidikan dan
latihan selanjutnya.

Related Articles :


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 komentar:

Posting Komentar

VIDEO

ENTER-TAB1-CONTENT-HERE

RECENT POSTS

ENTER-TAB2-CONTENT-HERE

POPULAR POSTS

ENTER-TAB3-CONTENT-HERE
 

GRAMEDIA DIRECT SELLING Copyright © 2010 Gramedia Power by Sopasti.Com